Belajar Pemrograman Website, Mulai dari Mana?

 


Selamat pagi, kali ini saya akan share terkait tips-tips Belajar Pemrograman Web bagi pemula, langsung saja yuk simak point-point nya.

1. Belajar dari Dasar Secukupnya & Lanjut Belajar sambil mengerjakan Mini Project

Kita perlu belajar dasar-dasar dari pemprograman website seperti dasar HTML, CSS dan Java Script, tapi metode ini hanya akan membuang banyak waktu kita, sebaiknya belajar dasar secukupnya selanjutnya ikutin kelas membuat mini project, dengan hal ini maka temen2 akan dapat dua manfaat, yaitu ngerjakan project sambil belajar apa saja komponen2 dasar didalam nya. Ada beberapa saran dari saya untuk belajar secara daring otodidak, yaitu belajar dari Sandhika Galih. silahkan search saja di google dengan kata kunci tersebut, lalu buka channel youtube nya.

https://www.youtube.com/channel/UCkXmLjEr95LVtGuIm3l2dPg

Dibagian playlist ada HTML Dasar dan CSS Dasar dan beberapa course gratis lainnya, silahkan pelajari itu secukupnya.

Selanjutnya ambil course terkait Membuat Aplikasi MVC dengan PHP,

https://www.youtube.com/watch?v=tBKOb8Ib5nI&list=PLFIM0718LjIVEh_d-h5wAjsdv2W4SAtkx

dan atau Membuat Sistem Login Lengkap dengan CI 3,

https://www.youtube.com/watch?v=8ROgaHfLRq0&list=PLFIM0718LjIXU8ul9FiN-owk04cQKtHPw

Kenapa kita pakai PHP karena sepemahaman saya PHP adalah bahasa pemrograman yg banyak dipakai dalam pembuatan website untuk saat ini, serta mudah dalam hal memahaminya. Dan salah satu Framework yg paling mudah adalah CI. Miskipun dalam course tersebut ada beberapa yg belum temen2 pahami, ikuti saja dulu sambil tanya2 ke google, sejauh ini cara ini sangat efektif bagi saya. Jika temen2 mengikuti semua video yg ada di sandika galih pasti temen2 akan jadi master programmer web. Seriuss.

Oh ya biar lebih semangat deploy mini project PHP kalian pada server, pilih yg gratis misal,

https://id.000webhost.com/

Selain agar project kita bisa diakses publik, ini biar kita tambah semangat untuk terus belajar.

2. Explore Beberapa Bahasa Pemrograman dan Frameworknya

Oke setelah kita tahu dasar2 pemrograman dan berhasil membuat mini project, maka kita coba kembangkan untuk belajar bahasa pemrograman lain misal saran saya adalah Java dengan framework Springboot, Javascript dengan Node JS atau React js.

Saran saya buat mini project misal sistem register dan login menggunakan beberapa bahasa pemrograman diatas.

3. Belajar Teknologi Microservices

Didunia kerja rata2 project besar sudah memanfaatkan teknologi ini, yaitu membagi suatu project menjadi bagian kecil2 sesuai kebutuhan dan type nya. Secara sederhana-nya kita coba bikin 1 aplikasi yg terdiri dari FE dan BE yg terpisah. misal FE nya menggunakan React dan BE nya menggunakan Spring Boot. jika berhasil lanjut dengan membagi aplikasi besar menjadi beberapa Sub modul. misal modul auth (berisi login, register reset password) menjadi 1 modul, dan menu utama setelah login menjadi 1 modul terpisah lagi.

4. Fokuskan untuk Menguasai Hal Spesifik

Menjadi profesional itu sangat penting sehingga pengetahuan kita dalam 1 hal akan lebih mendalam, setelah kita mencoba beberapa bahasa pemrograman dan mencoba beberapa role (BE atau FE). kita bisa mencoba fokus menjadi semisal BE dengan Spring Boot, atau bisa juga kita fokus ambil Fullstack Developer Spring dan React misal. setelah itu fokuskan mendalami bidang yg temen2 pilih.

Kira2 pada tahap keberapa ya saya bisa mulai apply kerja sebagai Web Developer?

Setelah temen2 menguasai point 1, temen2 sudah layak kok mencoba melamar kerja sebagai Web Developer, tidak perlu menunggu sampai ahli di point 4. Asalkan job nya sesuai dengan yg temen2 pelajari. Nanti kita belajar sambil bekerja serukan.

Kui semoga ini bermanfaat ya. Salam Coding.

Post a Comment

0 Comments